Notification

×

Iklan

Iklan

200 Pengacara Desak ICC Untuk Segera Tangkap Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu

Monday 6 May 2024 | 15:03 WIB Last Updated 2024-05-06T08:05:34Z
"Perdana Menteri benyamin Netanyahu dituntut 200 Pengacara supaya ditangkap Mahkamah Internasional"/Foto : Kompas


RADARDETIK.ID - Sekelompok pengacara dikatakan telah mengajukan mosi ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk meminta pencabutan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan beberapa pejabat senior.


Mereka mendakwa 12 pejabat senior Israel atas dugaan keterlibatan mereka dalam tindakan genosida dan krisis kemanusiaan  di Jalur Gaza mulai 7 Oktober 2023.


Sekelompok sekitar 200 pengacara yang menamakan diri mereka ``Pengacara untuk Perdamaian'' mengajukan gugatan dan petisi ke Pengadilan Kriminal Internasional, yang berbasis di Den Haag, Belanda.


“Permohonan kami terdiri dari 163 halaman dan merupakan salah satu  tuntutan pidana terlengkap yang pernah diajukan. Kami telah mengajukan petisi ke Kantor Kejaksaan ICC," kata Ibrahim Yildrim, bagian dari kelompok pengacara perdamaian, dikutip oleh Anadolu Agency pada hari Minggu (5 Mei 2024).


Lebih lanjut dijelaskannya, ada sembilan tim ahli hukum yang siap memproses permintaan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Netanyahu.


“Kemarin, atas nama kelompok kami, kami mengirimkan tuntutan pidana ke  Kejaksaan ICC. Kami juga telah meluncurkan kampanye di mana siapa pun yang ingin mendukung petisi ini dapat menambahkan tanda tangannya”, Kata Yildirim.


Ia menekankan bahwa penuntutan dapat membantu  meyakinkan Jaksa ICC dengan bukti-bukti yang kuat.


“Ini inisiatif yang sudah kami persiapkan sejak lama. Tuduhan kami mempunyai dasar hukum yang kuat dan didukung bukti yang cukup,” imbuhnya.


Rencana  penangkapan Perdana Menteri Netanyahu dan kawan-kawan telah menarik perhatian dunia. Invasi brutal Israel, yang  menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, disebut sebagai  genosida.


Apalagi berbagai perjanjian dan pembatasan yang  disepakati dunia internasional tidak menyurutkan semangat negara Zionis. Namun, belum ada kabar pasti  kapan  surat perintah penangkapan akan dikeluarkan untuk Perdana Menteri Netanyahu dan beberapa pejabat puncaknya.


Namun demikian, ada harapan bahwa tuntutan kelompok pengacara ini persuasif dan akan mendukung bukti  ICC yang menentang penangkapan langsung Perdana Menteri Netanyahu dan teman-temannya.


×
Berita Terbaru Update