Notification

×

Iklan

Iklan

Akibat Chess Hand Phone, Rumah di Klaten Kebakaran hebat

Sunday 5 May 2024 | 10:19 WIB Last Updated 2024-05-05T03:19:56Z
"Kebakaran rumah didaerah Klaten akibat kelalaian ketika chess handphone di stopkontak"/Foto : Solo Pos


RADARDETIK.ID - Kebakaran rumah akibat kelalaian dalam melakukan chess handphone kembali terjadi, kali ini terjadi dikota Klaten.


Pada Jumat (3/5/2024), kebakaran nyaris menghanguskan sebuah rumah di Desa Ngaras, Kecamatan Klaten Selatan, Provinsi Klaten. Api tampaknya bermula dari charger ponsel yang dicolokkan ke stop kontak listrik.


Berdasarkan informasi  personel Satpol PP Damkar dan tim pemadam kebakaran  Damkar Klaten mendapat laporan adanya kebakaran  sekitar pukul 11.57 WIB. Petugas bergegas ke lokasi kejadian dan tiba sekitar pukul 12.12 wib Operasi pemadaman kebakaran selesai pada pukul 12.56 WIB dengan dibantu oleh Relawan Pemadam Kebakaran (Redcar), TRC BPBD, satuan relawan dan warga.


“Perkiraan kerusakan rumah sekitar 80% akibat kebakaran”, kata Kepala Satpol PP Klaten dan Damkar Kadono, Jumat (3/5/2024).


Sumino menjelaskan, berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya penghuni rumah tersebut memasang charger di dalam rumah untuk mengisi daya ponselnya. Penghuni rumah kemudian menuju masjid untuk menunaikan salat Jumat. Penyebab kebakaran diduga karena charger ponsel.


“Salah satu warga hendak  ke masjid, namun melihat rumahnya terbakar. Selanjutnya warga meminta agar bekerjasama memadamkan api sembari menunggu petugas pemadam kebakaran,'' Kata Kadono.


Rumah tersebut berukuran 7  x 9 meter dan dihuni oleh seorang wanita lanjut usia, anak-anaknya, dan cucu-cucunya. Kepala Desa Ngarasu (Kades) Eddie Riyanto membenarkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun kondisi rumah mengalami kerusakan parah.


“Jika kerugian melebihi ratusan juta rupiah. Kami akan segera berkoordinasi dengan BPBD untuk langkah selanjutnya,” kata Edy.


Kita ketahui bahwa kelalaian dalam chess handphone bisa menyebabkan kebakaran, hal ini dikarenakan terjadinya konsleting listrik pada aliran listrik. Terjadinya kebakaran bisa diakibatkan sakelar stop kontak yang banyak yang dipakai untuk banyak kabel sehingga bisa menyebabkan kebakaran.


Salah satu tips supaya menghindari konsleting listrik adalah menghindari penggunaan tancapan stop kontak yang banyak cabang, kemudian apabila akan meninggalkan rumah diharapkan mencabut semua stop kontak yang masih tertancap.

×
Berita Terbaru Update