![]() |
"Mahasiswa KKN Unisri Surakarta berfoto bersama para pelaku UMKM seusai memberikan Pelatihan Media Sosial membuat konten Produk di Balai Desa Ngrompak"/Foto : Erli |
RADARDETIK.ID – Pada hari Jumat (2/8) Mahasiswa KKN UNISRI Surakarta menggelar Sosialisasi Pelatihan Media Sosial untuk UMKM dengan Membuat Konten Produk Pada UMKM Desa Ngrompak. Mahasiswa kelompok 35 Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Pada Masyarakat (KKN- PPM) 2024 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melakukan Sosialisasi Pelatihan Media Sosial untuk UMKM dengan Membuat Konten Produk pada Balai Desa Ngrompak, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.
Salah satu mahasiswa KKN-PPM Unisri Surakarta yaitu Erli Arlita dengan Dosen Pembimbing Muhammad Rizky Nur Prakoso, S,Pd, M,Pd ,berinisiatif untuk membantu seluruh pelaku UMKM desa Ngrompak untuk melakukan Pelatihan media sosial bagi UMKM dengan membuat konten produk agar produk pemasangan UMKM lebih luas jangkauannya baik dalam segi pemasarannya dan meningkatkan penjualannya.
Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 38 pelaku UMKM Desa Ngrompak dengan bermacam ragam usahanya. Dalam kegiatan tersebut berlangsung dengan lancer serta tanpa hambatan apapun.
Selama kegiatan sosialisasi dari awal hingga akhir mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, baik menyimak selama sosialisasi dan dalam diskusi tanya jawab.
Erli Erlita selaku penggagas Program kerja berharap setelah mengikuti sosialisasi ini UMKM mampu melakukan pemasaran produk melalui konten media sosial secara bijak untuk meningkatkan penjualan produknya serta paham akan manfaat,keuntungan dan tantangan bermedia sosial tersebut.
“Harapan saya setelah para pelaku UMKM desa Ngrompak setelah mengikuti Pelatihan pemasaran media social secara bijak untuk meningkatkan penjualan produknya serta paham akan manfaat, keuntungan dan tantangan bermedia sosial tersebut”, Ucap Erlita.
Setelah memberikan materi sosialisasi, para pelaku UMKM diberi kesempatan untuk bertanya kepada pemateri mengenai apa yang kurang paham mengenai konten pemasaran. Dari hasil evaluasi selama kegiatan, ternyata banyak UMKM yang bertanya untuk menggali ilmu lebih dalam lagi tentang bagaimana cara membuat konten produk untuk pemasaran produk dan caranya mencapai target yang di dituju.
“Alhamdulillah selama kegiatan berlangsung ternyata para peserta antusias dengan banyak bertanya dan berdiskusi, sehingga kegiatan Pelatihan semakin hidup dan menarik”, Tutup Erlita.